Perbedaan Blewah dan Labu Serta Manfaat Buahnya

Perbedaan blewah dan labu. Buah Blewah dan Labu jika dilihat secara kasat mata mungkin dianggap orang sama. Tapi teranyata beda jauh antara blewah dengan labu .Buah yang keduanya mempunyai berbagai macam manfaat Kesehatan tubuh jika diabetes diperhatikan mempunyai perbedaan.

Perbedaan Bewah dan Labu 

Buah Blewah 

Perbedaan buah blewah dan labu . Buah blewah dan labu bentuknya pada umumnya bulat atau lonjong dan berlekuk Namun perbedaan paling mencolok Buah blewah umumnya berwarna kuning ada bercak kehijauan sedangkan buah labu berwarna oren . Kulit buah blewah pun tipis, dan daging buahnya tebal serta lembut sedangkan buah labu buahnya keras harus sehingga kadang perlu diolah atau direbus terlebih dahulu sehingga buah blewah biasanya dibuat es buah sedangkan labu seringnya dibuat kolak. Di dalam Buah blewah terdapat rongga berisi biji dan serat, yang menimbulkan aroma wangi dan segar. Pada umumnya, biji ini tak langsung dibuang. Bila ditambahkan air dan diperas maksimal, ia akan memberikan aroma wangi sebagai sari buah. 


Manfaat Buah Blewah


Blewah ini kaya kandungan mineral kalium, provitamin A dan serat makanan. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin B6-nya cukup tinggi. Enzim yang terkandung di dalam buah blewah mempunyai fungsi absorbsi yang baik untuk pencernaan, sehingga pencernaan tidak mudah terluka saat makan tergesa-gesa. 

Namun, berhati-hatilah karena buah ini dapat menurunkan tekanan darah, mengonsumsinya berlebihan akan membuat kepala sedikit pusing. 

Kami sarankan untuk menyajikannya tanpa gula. Buah yang mudah ditemukan di pasar tradisional ini sudah mengandung gula, sehingga lebih sehat dan segar bila Anda tidak menambahkan pemanis lagi. 

Perbedaan Labu dengan blewah

Perbedaan Buah labu dan blewah
Buah Labu


Perbedaan buah labu dan blewah seperti diatas. Memiliki perbedaan seperti perbedaan blewah dan timun suri Karena warna nya menurut mata tiap orang berbeda . Namun jika dicermati  labu dengan blewah memiliki perbedaan jika di perhatikan secara jelas yaitu Buah Labu memiliki warna orange sedangkan blewah berwarna kuning buah labu berasa keras jika dimakan di sehingga dia harus direbus dulu sehingga biasanya dibuat sebagai kolak sedangkan Buah blewah tekstur buahnya lembut dan manis dan bisa langsung dimakan dan seringnya digunakan sebagai es buah khususnya pada bulan Ramadhan . Labu (Cucurbita spp.) adalah tumbuhan merambat penghasil buah konsumsi berukuran besar . Tumbuhan ini banyak terdapat di Amerika Utara, Eropa Tengah, Australia, Selandia Baru, India dan negara lainnya. Biasanya, yang dinamakan “Labu” dalam pengertian Waluh atau Pumpkin adalah tumbuhan yang termasuk dalam empat jenis Cucurbita, yaitu Cucurbita Moschata, Cucurbita Maxima, Cucurbita Mixta dan Cucurbita Pepo.


Nama “Labu” secara awam juga disematkan untuk beberapa anggota suku labu-labuan di luar Cucurbita, seperti Bligo, Labu Ular, dan Labu Siam.

Labu berwarna oranye saat baru tumbuh, buahnya juga berwarna oranye. Jika dipotong, buah ini memiliki penampang berbentuk bintang. Berbiji besar dan berwarna coklat. Buah ini sedikit keras atau renyah saat dimakan dibanding buah blewah . 

Tanaman Cucurbita Moschata Durch ini memiliki beberapa nama dalam beberapa bahasa daerah, yaitu Labu Parang (Melayu) serta Waluh (Sunda dan Jawa Tengah).

Tanaman Labu Kuning berasal dari Ambon. Ada lima spesies labu yang umum dikenal, yaitu Cucurbita Maxima Duchenes, Cucurbita Ficifolia Bouche, Cucurbita Mixta, Cucurbita Moschata Duchenes dan Cucurbita Pepo. Kelima species Cucurbita tersebut di Indonesia disebut Labu Kuning (Waluh) karena memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Buah Labu Kuning berbentuk bulat pipih, lonjong, atau panjang dengan banyak alur (15-30) alur. Ukuran pertumbuhannya cepat sekali, mencapai 350 garam per hari.

Manfaat Labu

Hasil penelitian dari Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada menunjukkan bahwa daun labu berfungsi sebagai sayur dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan Kwaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya juga juga bisa menjadi obat cacing pita.

Daging buahnya pun mengandung antioksidan sebagai penangkal kanker. Labu Kuning juga dapat digunakan untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam dan diare. Labu Kuning mengandung Karotenoid (betakaroten), vitamin A dan C, mineral, lemak serta karbohidrat.

Labu mempunyai banyak varietas, dari lebih 40 jenis labu, baru sedikit yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan. Di sisi lain, buah dari tanaman merambat ini sangat kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan air. Banyak pakar gizi dan kesehatan berkomentar kalau Labu bermanfaat untuk kesehatan.
Dari sekian banyak jenis Labu, Labu Kuning (Cucurbita Moschata) paling sering digunakan dalam masakan. Beragam jenis hidangan bisa dibuat dari buah ini, mulai dari kolak, sup, cake hingga kue-kue basah seperti talam, kue lumpur dan masih banyak lagi jenis masakan yang lain. Nah itulah beberapa ciri perbedaan dan manfaat antara blewah dan labu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Blewah dan Labu Serta Manfaat Buahnya"