20 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Diabetes Kecantikan Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Salak - Buah salak merupakan buah yang berkulit gelap tetapi banyak manfaatnya. 
terutama salak yang terkenal yaitu salak pondoh, Manfaat buah salak antara lain adalah dapat menyembuhkan buang air besar diare kesehatan Kulit untuk kecantikan, ibu hamil Diet diabetes dsb
Tak sedikit penemuan pakar kesehatan, bahwa manfaat buah salak cukup banyak. Bisa untuk menyembuhkan penyakit rabun jauh, menyembuhkan batuk. Ternyata, manfaat buah salak juga bisa untuk membantu program diet.

Kandungan Buah Salak

Buah salak mengandung kalsium 28 mg, fosfor 18 mg, dan zat besi 4,2 mcg. Dari kandungan-kandungan yang ada, maka salak sangat berperan sebagai sumber penyedia serat dan mineral di tubuh. Karena itu, tak salah bila mengonsumsi buah salak bisa membantu program diet. Karena memiliki efek samping dalam penurunan berat badan anda

Manfaat Buah Salak bisa membantu program diet? Lalu, bagaimana jika tidak suka makan buah salak? Apakah ada cara lain? Ya, tentu saja ada, dengan cara di jus. Memang, tak banyak warung-warung jus yang menjual jus salak. Makanya, mau tidak mau, kita harus membuatnya sendiri.
Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat jus mangga, kuini dan sebagainya. Yaitu, dengan memasukkan daging salak beserta kulit arinya ke dalam blender. Andaikata terasa kurang manis dapat ditambah gula secukupnya.
Intinya, cukup banyak manfaat buah salak jika kita selalu mengonsumsinya. Tidak hanya untuk membantu program diet, tapi bisa juga untuk merawat mata dan mengatasi kesulitan buang air besar (BAB). Berikut 20 Manfaat Salak Bagi Kesehatan Tubuh ( Diare, Ibu Hamil, Diabetes, Diet, Kecantikan Kulit dll )

Manfaat Buah Salak Untuk Diet Kesehatan Kecantikan Ibu Hamil dan Diabetes

MANFAAT BUAH SALAK, SALAK PONDOH
Manfaat Buah Salak

1. Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare 


Buah Salak sudah terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi diare . Selain buah jambu, dengan manfaat buah salak berdasarkan kandungan gizinya buah manis ini dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan diare. Dengan kandungan zat bernama tanin yang jumlahnya sama tingginya dengan yangterkandung pada daun jambu biji membuat buah ini sering digunakan untuk pengobatan diare yang cepat dan alami. Selain itu ,Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak juga dapat mengobati diare.

2. Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil


Buah salak juga baik dikonsumsi oleh Ibu Hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. memilih menu makanan untuk asupan ibu hamil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk ibu hamil muda, kebanyakan dari mereka terkena morning sickness atau perasaan mual pada pagi hari. Untuk mengobati ini, seringkali orang menggunakan buah salak sebagai penawarnya. Rasa ari buah salak dipercaya manjur untuk mengobati mual mual pada ibu hamil.Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan supaya kandungan ternutrisi dengan baik

3. Manfaat Buah Salak Untuk Diet


Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah salak sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet karena kandungan serat buah salak ini dapat mengganjal perut lapar dan menunda rasa lapar. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.

4. Manfaat Kulit Buah Salak Untuk Obat Penyakit Diabetes


Kulit buah salak mengandung unsur aktif yang bagus untuk mengobati Diabetes. Keseluruhan unsur aktif tersebut bekerja secara bersamaan pada tubuh penderita untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Berikut beberapa unsur aktif yang terkandung di dalam kulit salak yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes adalah:

* Ferulic Acid dan Proline; senyawa yang mendorong terbetuknya kolagen dan elastin (dua unsur penting untuk memulihkan jaringan).
* Cinnamic acid derivatives; senyawa yang mendorong regenerasi sel epitel
* Zat zat diatas berperan penting dalam proses perbaikan pankreas pada penderita diabetes tipe 1
* Pterostilbene; senyawa ini merupakan zat anti diabetes dan berperan langsung dalam menurunkan kadar gula dalam darah
* Arginin; senyawa yang menstimulir pembelahan sel dan memperkuat biosintesa protein. Zat ini sangat bermanfaat untuk normalisasi sel-sel tubuh agar kembali responsif pada insulin, zat ini sangat dibutuhkan pada penderita diabetes tipe 2

5. Manfaat Buah Salak Untuk Kecantikan Kulit


Salak mengandung antioksidan, sehingga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C yang terdapat dalam buah salak sangat penting untuk kecantikan kulit yang dapat membantu dalam menghilangkan radikal bebas dan mencegah keriputan dini secara alami.

6. Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan


Kandungan kaya manfaat buah salak seperti beta karoten, tanin dan mineral juga serat dalam buah salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut dengan membantu melancarkan pencernaan. Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, Hal ini karena kandungan gizi salak seperti beta karoten, tanin dan mineral serat dalam buah salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut makanya banyak orang menyarankan jika makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh agar tetap sehat

7. Manfaat Buah Salak Pencegah Penyakit Kanker


zat yang terkandung dalam buah salak dipercaya sangat baik sebagai zat yang ampuh untuk mencegah kanker. Adalah zat yang terkandung dalam bagian dari salak yaitu pada kulit ari. Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang anda mengkonsumsi salak tanpa mengubas kulit arinya sebagai upaya untuk pencegahan kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, sehingga jika akan mengkonsumsi salak, usahakan jangan dibuang kulit ari buah salaknya

8. Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Mata


Kandungan vitamin A dan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda. Tidak banyak yang tahu bahwa buah salak dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penyakit rabun jauh pada mata dengan kandungan vitamin a nya yang tinggi. Bahkan katanya kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.


9. Manfaat Buah Salak Bagi Kekebalan Tubuh


Kandungan kaya manfaat buah salak seperti beta karoten, tanin dan mineral juga serat dalam buah salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut dengan membantu melancarkan pencernaan.Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita

10. Manfaat Buah Salak Untuk Otak Sehat


Buah salak Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak . Sehingga jika Anda ingin otak sehat konsumsilah Buah salak

11. Manfaat Buah Salak Untuk Stamina Tubuh


Seperti halnya buah lain, buah salak juga memiliki berbagai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan Kalsium yang terdapat pada buah salak bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh agar tetap stabil . Selain itu adalah buah salak mengandung berbagai vitamin salah satunya vitamin a yang sangat baik untuk menjega stamina tubuh. Selain itu vitamin a yang setara dengan karoteriod sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

12. Manfaat Buah Salak Kaya Antioksidan


Buah salak mengandung antioksidan .zat antioksidan sangat diperlukan untuk tubuh kita, antioksidan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dan radikal bebas yang menyerang tubuh kita.

13. Manfaat Buah Salak untuk Obat Penyakit Anemia


Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

14. Manfaat Buah Salak Baik Untuk Perut


Salak terdiri dari saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan kalsium itulah alasan salak memiliki manfaat kesehatan untuk sistem tubuh. Tannin sebenarnya anti diare, oleh karena salak dapat membuat perut longgar, sehingga cukup baik juga untuk pencernaan perut. Tips terbaik adalah mengkonsumsi salak menggunakan kulit tipisnya, yang bisa menghindari sembelit.

15. Manfaat Buah Salak untuk Jantung Sehat


Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

16. Manfaat Buah Salak Agar Tulang Sehat


Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

17. Membuat Kecerdasan Otak pada Janin


Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak.

Manfaat Salak Karena Kandungan Vitamin C lainnya 
18. Mengobati Batuk Berdahak
19. Mengobati Sariawan
29. Mengobati Radang Tenggorokan

Efek Samping Buah Salak

Tidak banyak kandungan efek samping dari buah salak tersebut di antaranya :

1. Menyebabkan sembelit
Satu hal yang perlu ketahui tentang efek negatif bila mengkosumsi buah salak terlalu banyak dalam sehari bisa berdampak sembelit atau susah buang air besar normalnya mengkosumsi buah salak itu dalam 1 hari adalah sekitar 4 hingga 5 buah saja. Sebaiknya dalam mengkonsumsi buah salak dengan kulit arinya, cobalah untuk tidak menguliti buah salak sampai bersih, karena kulit ari dari buah salak dipercaya dapat mengatasi kesulitan buang air besar.

2. Tidak baik untuk penderita maag
Bagi penderita maag dan radang usus kurangi mengkonsumsi buah salak, karena kandungan tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka karena buah salak sulit untuk dicerna. 

Itulah 20 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehetan Diet Kecantikan Diabetes Serta Ibu Hamil . Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Diabetes Kecantikan Diet dan Ibu Hamil"